HRMlblCMFqqInfU78c3NMJxDetM02ycHTU9BqBl9

Program Menghitung Keliling Trapesium Menggunakan Bahasa C

Program Menghitung Keliling Trapesium Menggunakan Bahasa C

hobingoding.com - Halo coders. Sebelumnya yang dimaksud dengan trapesium adalah bangun datar dua dimensi yang dibentuk oleh empat buah rusuk yang dua di antaranya saling sejajar namun tidak sama panjang. Trapesium merupakan salah satu bangun datar yang kerap kita jumpai ketika kita belajar pelajaran matematika.

Sesuai dengan judul postingan saya kali ini maka rumus menghitung keliling trepesium yaitu:
Keliling = sisi 1 + sisi 2 + sisi 3 + sisi 4

Permasalahan

Buatlah program untuk menghitung keliling trapesium di bawah ini.

Contoh Soal Trapesium

Dimana trapesium ini memiliki sisi-sisi sebagai berikut 5, 8, 7, 13 serta tinggi 4.

Test Case

Input Sisi-1 : 5
Input Sisi-2 : 8
Input Sisi-3 : 7
Input Sisi-4 : 13
Keliling Trapesium : 33

Kode Program

#include <stdio.h>

int main() {
    int sisi_1, sisi_2, sisi_3, sisi_4, keliling;

    printf("Program Menghitung Keliling Trapesium\n");
    printf("visit us hobingoding.com\n\n");
    // Input Sisi-1
    printf("Input Sisi-1 : ");
    scanf("%d", &sisi_1);
    // Input Sisi-2
    printf("Input Sisi-2 : ");
    scanf("%d", &sisi_2);
    // Input Sisi-3
    printf("Input Sisi-3 : ");
    scanf("%d", &sisi_3);
    // Input Sisi-4
    printf("Input Sisi-4 : ");
    scanf("%d", &sisi_4);

    // Hitung Keliling
    keliling = sisi_1 + sisi_2 + sisi_3 + sisi_4;
    printf("Keliling Trapesium : %d", keliling);
    return 0;
}

Lihat source code melalui github: fandipres

Output Program

Program Bahasa C Menghitung Keliling Trapesium

Penjelasan Program

Asumsi saya disini kita akan menghitung keliling dari trapesium sembarang sehingga saya memerlukan 4 buah variabel untuk menyimpan nilai dari ke-4 sisi trapesium yang ukurannya berbeda-beda. Jika seandainya trapesium tersebut merupakan trapesium sama kaki maka kamu cukup menggunakan 3 variabel saja dimana untuk bagian variabel yang ukurannya sama dapat kamu kalikan dengan 2.

Setelah diinput, sisi-sisi tersebut dijumlahkan kemudian disimpan ke dalam variabel keliling. Terakhir hasil dari perhitungan tersebut dicetak sebagai output dengan memanggil variabel keliling tadi. Pada bagian pencetakan ini sebenarnya kamu bisa saja tidak menggunakan variabel tambahan keliling yaitu dengan cara menempatkan penghitungan sisi1 + sisi2 + sisi3 + sisi4 pada bagian pencetakan.

Related Posts
Fandi Presly Simamora
Lecturer, code lover, technology enthusiast, enjoys sharing various things through writing, and of course, just a regular human being. Hello world :)

Related Posts

1 komentar