hobingoding.com - Bola merupakan salah satu bangun datar 3 dimensi yang kerap kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari. Benda-benda seperti bola, globe, kelereng, dan sebagainya merupakan contoh dari benda-benda yang memiliki bentuk bola.
Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan bagaimana cara kita mengukur luas permukaan (luas sisi luar) yang dimiliki oleh bola. Adapun rumus yang dapat kita pergunakan untuk menghitung luas permukaan bola ini yaitu:
Luas Permukaan = 4 * phi * r * r
Permasalahan
Buatlah program sederhana untuk menghitung luas permukaan bola.
Test Case
Input Jari-jari : 30
Luas Permukaan Bola : 11304
Kode Program
#include <stdio.h>
int main() {
int r;
float phi = 3.14, luas_permukaan;
printf("Program Menghitung Luas Permukaan Bola\n");
printf("visit us hobingoding.com\n\n");
// Input Jari-jari
printf("Input Jari-jari : ");
scanf("%d", &r);
// Hitung Luas Permukaan
luas_permukaan = 4 * phi * r * r;
printf("Luas Permukaan Bola : %.2f", luas_permukaan);
return 0;
}
Lihat source code melalui github: fandipres
Output Program
Penjelasan Program
Pada program kali ini saya membuatkan 3 variabel, dimana dari ketiga variabel tersebut variabel "phi" saya inisiasikan nilainya dengan 3.14. Sebenarnya kita juga bisa menginisiasikannya dengan nilai 22/7, atau bahkan kita juga bisa tidak menginisasikan nilainya.
Kemudian saya menerima inputan berupa nilai dari jari-jari (r). Nilai tersebut kemudian saya hitung dengan menggunakan rumus luas permukaan bola yang ada di atas.
Terakhir saya mencetak hasil dari penghitungan luas dengan menggunakan format float dua angka di belakang koma ("%.2f"). Saya menggunakan format float karena pada dasarnya hasil dari penghitungan ini bisa saja menghasilkan nilai float karena adanya nilai phi tadi.