HRMlblCMFqqInfU78c3NMJxDetM02ycHTU9BqBl9

Program Menghitung Selisih Jam Menggunakan Python

Program Menghitung Selisih Jam Menggunakan Python

hobingoding.com - Halo coders. Pada postingan kali ini saya akan membagikan kode program untuk menghitung selisih antar jam menggunakan bahasa pemrograman Python. Pada dasarnya konsep atau program yang sama sebenarnya sudah sering kamu jumpai pada sistem-sistem yang berkaitan dengan waktu seperti misalnya sistem jam kerja pada perusahaan dan sistem jam absensi pada sekolah.

Konsep dari sistem-sistem yang telah disebutkan sebelumnya sangatlah sederhana dimana kita melakukan penghitungan selisih terhadap kedua waktu awal dan waktu akhir. Jika diterapkan pada sebuah sistem, kedua waktu ini dapat diperoleh dari sensor ataupun alat-alat yang dipergunakan sebagai penanda "absensi". Hal yang perlu diperhatikan pada sistem seperti ini terdapat pada bagaimana menentukan agar selisih yang dihitung dikonversi ke satuan waktu yang sesuai, seperti misalnya jika selisih waktunya adalah 90 menit maka artinya selisih waktunya adalah 1 jam 60 menit.

Permasalahan

Buatlah program untuk menghitung selisih waktu dalam satuan jam dan menit antara dua buah waktu dengan catatan format waktu yang digunakan adalah 24 jam.

Test Case

Input Jam Masuk : 12.50
Input Jam Keluar : 13.20
Selisih Jam : 00.30

Kode Program

print("Program Menghitung Selisih Jam")
print("visit us hobingoding.com")
print()
# Input Jam Masuk
jam_masuk = input("Input Jam Masuk (HH.MM) : ")
# Input Jam Keluar
jam_keluar = input("Input Jam Keluar (HH.MM) : ")

# Pisahkan Jam dan Menit
menit_masuk = int(jam_masuk[3:5])
menit_keluar = int(jam_keluar[3:5])
jam_masuk = int(jam_masuk[0:2])
jam_keluar = int(jam_keluar[0:2])

# Hitung Selisih Jam dan Menit
selisih_jam = jam_keluar - jam_masuk
selisih_menit = menit_keluar - menit_masuk

# Kondisi Selisih Menit Negatif
if selisih_menit < 0:
    selisih_menit += 60
    selisih_jam -= 1

# Kondisi Selisih Jam Negatif
if selisih_jam < 0:
    selisih_jam += 24

# Format Output
format_jam = "0"+str(selisih_jam) if selisih_jam < 10 else str(selisih_jam)
format_menit = "0"+str(selisih_menit) if selisih_menit < 10 else str(selisih_menit)

print("Selisih Jam (HH.MM) : %s.%s" % (format_jam, format_menit))

Lihat source code melalui github: fandipres

Output Program

Program Python Menghitung Selisih Jam

Penjelasan Program

Program dimulai dengan membuat dua buah input untuk menyimpan waktu awal dan waktu akhir dengan nama variabel masing-masing jam_masuk dan jam_keluar. Kemudian dari waktu yang telah diinput dengan tipe string ini kita dapat memisahkan waktu jam dan menit dengan mengambil substring dari masing-masing variabel jam_masuk dan jam_keluar. Jangan lupa karena nantinya kita akan melakukan operasi perhitungan pada keempat substring ini maka kita lakukan konversi terhadap masing-masing substring menggunakan fungsi int().

Masing-masing substring jam dan menit yang telah dalam tipe integer kemudian kita hitung selisihnya dengan mengurangkan waktu keluar dan waktu masuk yang hasilnya kita simpan dalam variabel selisih_jam dan selisih_menit. Selanjutnya kita lakukan pengecekan untuk memastikan bahwa jika selisih menit kurang dari 0 (contoh menit_masuk=40, menit_keluar=20, maka selisih_menit=20-40=-20) maka lakukan penambahan selisih_menit sebanyak 60 dan kurangi selisih_jam sebanyak 1. Hal yang sama juga berlaku untuk variabel selisih_jam dimana untuk selisih_jam penambahannya dilakukan sebanyak 24 sesuai format jam yang dipergunakan. Terakhir masing-masing selisih_jam dan selisih menit kita tampilkan dengan melakukan format sesuai yang telah ditentukan.

Masih bingung atau punya pertanyaan lain? Feel free to ask me in comment section below guys.

Related Posts
Fandi Presly Simamora
Lecturer, code lover, technology enthusiast, enjoys sharing various things through writing, and of course, just a regular human being. Hello world :)

Related Posts

Posting Komentar