HRMlblCMFqqInfU78c3NMJxDetM02ycHTU9BqBl9

Cara Menggunakan Google Colab

Logo Google Colab

hobingoding.com - Google Colab merupakan sebuah platform berbasis cloud yang memungkinkan kita untuk menjalankan kode program secara online. Sesuai namanya, produk Google yang satu ini juga memungkinkan kita untuk saling berkolaborasi dan berbagi kode program secara langsung melalui internet. Umumnya kode program yang dibuat menggunakan platform ini akan menggunakan format Jupyter Notebook (.ipynb) dan bahasa pemrograman Python untuk menuliskan kodenya.

Google Colab merupakan alat yang sangat populer di kalangan peneliti khusunya bidang kecerdasan buatan seperti machine learning dan deep learning. Hal ini dikarenakan tampilannya yang ramah pengguna, adanya dukungan sumber daya komputasi, dan kemudahannya dalam mengelola lingkungan environment program. Salah satu contoh dari alasan ini akan terlihat ketika kita mulai melakukan setup untuk program kecerdasan buatan dimana pada environment lokal versi library yang digunakan sering kali menjadi sebuah permasalahan. Namun hal ini akan jauh lebih mudah untuk diatasi ketika menggunakan Google Colab ini.

Untuk mulai menggunakan Google Colab kita hanya membutuhkan akun Google saja selain browser dan tentunya koneksi internet. Jika semuanya sudah tersedia, maka berikut cara mulai menuliskan program menggunakan Google Golab.

Cara Membuat Colab Notebook Baru

1. Masuk ke website Google Colab yang beralamatkan di https://colab.google. Pada halaman ini terdapat dua tombol yaitu Open Colab untuk masuk ke dashboard Google Colab dan New Notebook untuk membuat Google Colab Notebook baru. Di sini kita akan memilih Open Colab untuk masuk ke dashboard Google Colab terlebih dahulu.

2. Halaman awal Google Colab akan seperti gambar di bawah ini. Pada jendela ini kita dapat menggunakan notebook yang berasal dari examples, recent, google drive, github dan upload.

Jendela Welcome to Colab

Jika teman-teman belum memiliki notebook Google Colab ataupun Jupyter Notebook dan ingin membuat notebook baru, maka klik tombol New notebook. Setelah mengeklik tombol ini maka dashboard Google Colab secara otomatis akan membuat dan mengarahkan teman-teman menuju notebook baru.

3. Tampilan dari notebook Google Colab baru seperti di bawah ini. Di sini kita dapat mengubah nama file dari notebook baru dengan mengganti bagian judul "Untitled.ipynb" yang berada di atas.

Tampilan Notebook Google Colab Baru

Cara Menggunakan Google Colab

Pada Google Colab kita dapat menuliskan kode program maupun sekedar teks pada bagian yang dinamakan sebagai cell. Setiap cell dapat berisi satu potongan kode program maupun keseluruhan dari kode program. Meskipun demikian sebaiknya jangan menempatkan kode program terlalu panjang dalam satu cell. Sebaiknya bagi satu kode program untuk menjadi beberapa cell. Selain itu perhatikan urutan dari setiap cell karena setiap bagian cell akan dijalankan secara berurutan.

1. Untuk mulai menuliskan program, ketikkan kode program yang teman-teman inginkan pada setiap bagian cell. Contoh di sini saya akan mendeklarasikan nilai a = 2 dan b = 3 pada cell pertama.

2. Untuk menambahkan cell baru, klik Code atau gunakan tombol Ctrl + M B. Jika teman-teman ingin menambahkan cell untuk teks bukan kode program, maka klik Text. Perbedaan antara cell untuk kode program dan teks adalah cell kode program dapat dijalankan sebagai program sedangkan cell teks sebaliknya.

3. Selanjutkan kita akan menampilkan hasil penjumlahan a dan b dengan menggunakan perintah print pada cell yang baru kita buat. Perlu diingat bahwa Google Colab ini menggunakan bahasa pemrograman Pyhton untuk menuliskan kode programnya.

4. Terakhir jalankan masing-masing cell secara berurut dari awal hingga akhir dengan mengeklik Run cell yang berbentuk tombol Play. Nantinya hasil dari penjumlahan a dan b akan muncul tepat di bawah cell print seperti di bawah ini.

Hasil Penjumlahan Google Colab

Demikian pengenalan singkat mengenai Google Colab dan cara menggunakannya. Ke depannya kita akan coba eksplor lagi fitur-fitur yang dapat kita pergunakan pada Google Colab untuk menuliskan kode program khususnya program machine learning dan sejenisnya.

Related Posts
Terbaru Lebih lama
Fandi Presly Simamora
Lecturer, code lover, technology enthusiast, enjoys sharing various things through writing, and of course, just a regular human being. Hello world :)

Related Posts

Posting Komentar